Diberdayakan oleh Blogger.

MAKALAH PROFESIONALISME GURU DALAM DUNIA KEILMUAN ISLAM (TELAAH EPISTOMOLOGIS TERHADAP PROBLEMATIKA KEGURUAN)






A. Pendahuluan


Free Download Top Makalah || MAKALAH  PROFESIONALISME GURU DALAM DUNIA KEILMUAN ISLAM  (TELAAH EPISTOMOLOGIS TERHADAP PROBLEMATIKA KEGURUAN). Dalam dunia keilmuan Islam, pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia, karena dengan pendidikanlah manusia akan bisa eksis dan berjaya di muka bumi ini. Sebagai suatu system, pendidikan memiliki sejumlah komponen yang saling berkaitan antara yang satu dan lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan[1]. Komponen pendidikan tersebut antara lain komponen kurikulum, guru, metode, sarana prasarana, dan evaluasi. Selanjutnya, dari sekian komponen pendidikan tersebut, guru merupakan komponen pendidikan terpenting, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan.

Melalui tindakan-tindakan guru ini, nasib pendidikan kita bergantung kepadanya. Sementara itu, diketahui bahwa dewasa ini tugas guru semakin terasa berat. Hal ini terjadi antara lain karena kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta perubahan cara pandang dan pola hidup masyarakat yang menghendaki strategi dan pendekatan dalam proses belajar mengajar yang berbeda-beda, di samping materi pengajaran itu sendiri.

Dengan keadaan perkembangan masyarakat yang sedemikian itu, maka mendidik merupakan tugas berat dan memerlukan seseorang yang cukup memiliki kemampuan yang sesuai dengan jabatan tersebut. Mendidik adalah pekerjaan professional yang tidak dapat diserahkan kepada sembarang orang, karena hal ini akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dalam kehidupannya, begitu juga terhadap lembaga pendidikan di mana ia mengabdikan dirinya untuk profesi yang diembannya.

Profesionalitas seorang guru berkaitan dengan upaya penyiapan peserta didik menjadi manusia yang ulul albab yang nantinya diharapkan bisa mengangkat dunia keilmuan Islam yang selama ini “mandeg” merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi dan harus segera dimiliki oleh setiap guru muslim agar tercipta suatu tatatan dunia keilmuan Islam yang maju dan dapat mempengaruhi terhadap semua bangsa seperti pada masa kejayaan Islam dahulu kala.

Untuk mewujudkan profesionalisme dalam pribadi seorang guru tidaklah mudah, karena hal tersebut memerlukan proses yang cukup panjang dan biaya yang cukup banyak. Disamping itu, diperlukan pula penyadaran akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai calling profesio yang harus terus dibina agar supaya apa yang menjadi harapan dan cita-cita dari masyarakat terhadap hasil pembelajarannya yang dilakukan bersama muridnya dapat tercapai, sehingga tercipta kualitas dan mutu out put yang bisa dipertanggung jawabkan secara intelektual, memiliki keterampilan yang tinggi dan memiliki akhlaqul karimah yang mapan.

B. Rumusan Masalah

Sehubungan dengan pentingnya profesionalisme guru dalam penyiapan out put yang memiliki kualitas dan mutu yang dapat dipertanggung jawabkan, yang berimplikasi pada terangkatnya dunia keilmuan Islam, maka dalam penulisan makalah ini, penulis memfokuskan kepada dua masalah, yaitu :
Apa yang menjadi problematika bagi guru guna mewujudkan profesionalisme keguruannya dalam menciptakan mutu lulusan yang baik ?
Bagaimana telah epistemologis dalam mengatasi problematika guru menuju profesionalisme kinerja yang baik, yang dapat mengangkat dunia keilmuan Islam ?
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Makalah pendidikan dengan judul MAKALAH PROFESIONALISME GURU DALAM DUNIA KEILMUAN ISLAM (TELAAH EPISTOMOLOGIS TERHADAP PROBLEMATIKA KEGURUAN). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://topmakalah4u.blogspot.com/2012/01/makalah-profesionalisme-guru-dalam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: JN_YD21 - Minggu, 22 Januari 2012

Belum ada komentar untuk "MAKALAH PROFESIONALISME GURU DALAM DUNIA KEILMUAN ISLAM (TELAAH EPISTOMOLOGIS TERHADAP PROBLEMATIKA KEGURUAN)"

Poskan Komentar