Diberdayakan oleh Blogger.

Makalah Partai Politik dan Birokrasi Pemerintahan di Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang
Sejak Indonesia merdeka hingga saat ini perubahan sistem partai politik dan pemilihan umum sangat dinamis. Hal ini wajar mengingat Indonesia sedang dalam masa transisi demokrasi. Masyarakatnya yang sangat plural dan menghendaki agar setiap masyarakat tersebut ada perwakilannya dalam menyalurkan aspirasi politik membuat banyak timbulnya berbagai partai politik di Indonesia.
Partai politik yang timbul pada akhir abad ke-18 dan abad ke-19 di Eropa Barat ini merupakan wujud pendobrakan tradisi kegiatan politik yang pada mulanya dipusatkan pada kelompok-kelompok dalam parlemen yang bersifat elitis dan dikuasai oleh kaum aristokrasi untuk mempertahankan kepentingan kaum bangsawan.
Awal berdirinya partai politik adalah terjadinya kegiatan politik di luar parlemen dengan membentuk suatu panitia pemilihan yang mengatur pengumpulan suara pendukungnya. Karena perlunya memperoleh dukungan dari pelbagai golongan masyarakat, kelompok-kelompok politik dalam parlemen yang sepaham dengan kepentingannya, maka dibentuklah partai politik.




BAB II
PEMBAHASAN


A. Kabinet Parlementer dan Presidensial (1945-1950)
Kabinet pertama setelah proklamasi kemerdekaan adalah Kabinet Presidensial yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. Kabinet ini disusun berdasarkan UUD 1945. Pada masa ini terjadi desakan dari pelbagai pihak akibat dari ketidak puasan atas kinerja Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang belum mencerminkan aspirasi rill dari suara rakyat, yang pada akhirnya keluarlah Maklumat X Wakil Presiden Moh.Hatta yang menjadi dasar dari terbentuknya partai-partai politik di Indonesia.
Di bawah UUD 1945 yang mengikuti sistem pemerintahan Presidensial, ternyata bisa diterapkan pula sistem pemerintahan Parlementer yang bertolak belakang dengan prinsip Presidensial. Inilah kali pertama penyimpangan terhadap UUD 45 bisa terjadi.
Kabinet Parlementer pertama dipimpin oleh Perdana Menteri Syahrir yang dikenal dengan sebutan Kabinet Syahrir I. Kabinet ini terdiri dari 16 Kementerian. Program kerjanya antara lain: mau makalah lebih lengkap "Download Di sini" Broooowwwwwwww
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Makalah pendidikan / Ppkn dengan judul Makalah Partai Politik dan Birokrasi Pemerintahan di Indonesia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://topmakalah4u.blogspot.com/2011/12/makalah-partai-politik-dan-birokrasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: JN_YD21 - Selasa, 27 Desember 2011

Belum ada komentar untuk "Makalah Partai Politik dan Birokrasi Pemerintahan di Indonesia"

Poskan Komentar