Diberdayakan oleh Blogger.

Pengaruh Insentif dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja

Free Download Top Makalah | Insentif dan Motivasi Insentif dan Motivasi . Dalam organisasi hendaklah seorang pemimpin menyadari kebutuhan pegawai yang bersangkutan, dimana organisasi memberikan imbalan atau jasa pegawai yang telah diberikan untuk kemajuan organisasi, imbalan tersebut merupakan rangsangan yang telah memberikan motivasinagar memiliki prestasi dan kinerja yang baik.
Insentif adalah penghargaan atau ganjaran yang diberikan untuk memotivasi para pegawai agar produktivitasnya tinggi dan sifatnya tidak tetap atau sewaktu-waktu. Pada dasarnya pemberian insentif bukanlah hak tetapi penghormatan terhadap pegawai yang telah menunjukan kemampuannya dan prestasi kerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya hal ini dimaksudkan untuk memotivasi kerja.
Para ahli manajemen berpendapat bahwa prodktivitas karyawan akan meningkat apabila kepada mereka diberikan insentif, disamping itu juga manajer harus memberikan petunjuk-petunjuk dan pengarahan-pengarahan cara bekerja yang baik kepada karyawan, hal ini penting sebab tanpa petunjuk serta arahan yang jelas mereka akan bekerja tanpa arah sehingga kerja karyawan tidak akan nampak walaupun perusahaan telah memberikan insentif.

Tujuan insentif adalah untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan sehingga kerja karyawan bergairah berkerja dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan dengan menawarkan perangsang finansial dan melebihi upah dasar. Selain untuk meningkatkan motivasi kerja insentif bertujuan untuk menigkatkan produktivitas kerja dalam melaksanakan tugasnya, karena itu pemberian insentif harus dalaksanakan tepat pada waktunya, agar dapat mendorong setiap karyawan untuk bekerja secara lebih baik dari keadaan sebelumnya dan meningkatkan produktivitasnya.
Motivasi akan tumbuh apabila kelayakan akan kebutuhan pegawai terpenuhi, motivasi merupakan hal yang pertama dalam peningkatan prestasi dan kinerja yang baik karena pada dasarnya manusia termotivasi untuk mendapatkan hal yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan penilaian tersebut penulis berasumsi bahwa insentif akan mempengaruhi motivasi kerja yang akan memajukan tujuan perusahaan.
Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung prilaku manusia supaya mau bekerja secara giat sehingga mencapai hasil yang optimal. Suatu perusahaan dapat berkembang dengan baik dan mampu mencapai tujuannya, jika para pegawai mempunyai motivasi yang tinggi dalam bekerja, karena seseorang yang termotivasi akan bekerja lebih giat dan mengarahkan kemampuannya dengan maksimal sehingga akan dapat menghasilakan produktivitas yang tinggi.
Pemberian insentif, motivasi serta produktivitas kerja sangat erat kaitannya dimana diantaranya ada hubungannya yang positif, dimana tanpa adanya insentif maka sulit untuk memotivasi pegawai dan tanpa motivasi yang tinggi dari pegawai untuk bekerja maka mungkin tidak terwujud suatu produktivitas kerja yang tinggi dari seorang pegawai. Berbagai upaya dilakukan seorang pemimpin dalam upaya memotivasi pegawainya baik melalui pemberian insentif dan cara lainnya. Dengan melihat kenyataan jika seorang pegawai diberi daya perangsang (insentif) akan lebih termotivasi bekerja lebih giat, maka perusahaan atau organisasi tersebut telah maju satu langkah dalam meningkatkan produktivitas kerja pegawainya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel / Ekonomi / Makalah pendidikan dengan judul Pengaruh Insentif dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://topmakalah4u.blogspot.com/2008/12/pengaruh-insentif-dan-motivasi-terhadap.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: JN_YD21 - Jumat, 10 Februari 2012

Belum ada komentar untuk "Pengaruh Insentif dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja"

Poskan Komentar